Thursday 11 June 2020

Hospital Playlist: terlalu cinta!

HALOOOOO!

Kembali lagi dengan gue dan review drama korea! Kali ini gue mau membahas drama korea yang lagi booming bangeeeet karena satu minggu yang lalu drama ini baru aja ngeluarin episode terakhirnya: HOSPITAL PLAYLIST!

Jujur sama gue, siapa yang masih belum move on sama drama korea yang satu ini? Siapa yang gak rela nunggu satu tahun lagi buat tau jawaban Song-hwa? Atau siapa yang sampai detik ini masih dengerin semua soundtrack nya?????

SAYAAAAA!



Emang writer-nim yang satu ini gak pernah gagal sama drama yang ditulisnya. Dimulai dari Reply series, Prison Playbook, sampai Hospital Playlist.

Selalu membekas di hati penontonnya.

Walaupun yang kali ini kita harus digantungin satu tahun buat ngeliat semua kejelasan cerita dari setiap pemain, tapi gak ngurangin kecintaan sama semua aspek di dalam drama ini: pemain utama, pemain pendukung, cerita utama, cerita pendukung, humor, soundtrack, background, semuaaaaanya!


Mungkin masih ada yang belum nonton. Drama ini mengangkat cerita 5 dokter di satu rumah sakit yang sama, dimana mereka udah sahabatan dari jaman mereka kuliah di tahun 1999. Dan di tahun ini, tahun 2019, mereka menjalani kehidupan yang normal--tapi bisa dibilang enggak normal karena pekerjaan mereka menjadi dokter spesialis. Banyak lika-liku yang mereka hadapi sebagai dokter (tentunya 5 dokter ini spesialisasinya berbeda-beda) dan sebisa mungkin mereka tetap menjalani kehidupan normal seperti pada mereka saat di tahun 1999: makan bareng, istirahat bareng, nongkrong bareng, ngeband bareng, dan saling bercerita satu sama lain. 

Mungkin terbaca sangat sederhana, tapi kesederhanaan cerita ini bisa mainin perasaan penontonnya dengan sangat campur aduk! Hangat, ngakak, terharu, sedih, semua campur aduk. 

Ah, pokoknya siapapun yang nonton pasti sangat jatuh cinta sama 5 dokter ini.  


OKEE saatnya disclaimer! Setelah ini gue akan spoiler habis-habisan. Jadi, buat yang belum nonton, bisa berhenti baca sampai disini dan silahkan untuk segera menonton~~

*WKWKWK WOY JANGAN BAPER LIAT IK JUN NYENDER DI BAHU SONG HWA*

Sebelum gue mau membedah ceritanya, gue mau membahas sedikit salah satu aspek yang jadi keunggulan di drama ini: dokter tapi ngeband!


Gue suka banget dengan konsep mereka semua yang notabene dokter spesialis, tapi menghabiskan waktu senggangnya dengan ngeband bareng. Karena selain mereka berlima ini emang beneran keren banget mainin alat musiknya, suara Cho Jung-seok dan lain-lain yang bagus, lagu-lagunya pun juga eargasm abis! Di setiap episodenya pasti ada satu scene dimana mereka ngeband dan nyanyi. Dan scene itu jadi salah satu scene yang selalu gue tunggu setiap memulai episode baru.

Gue yakin banget, pasti di awal-awal nonton ini, lo sempet ragu, "ini beneran gak sih, yang mainin beneran mereka?"

Dan betul saudara-saudara. Semua adegan main band di dalam Hospital Playlist bener-bener mereka asli yang mainin alat musik dan suaranya!

GILA! KEREN BANGET!

Gak kebayang banget gimana mereka susahnya syuting + latihan ngeband in real life nya secara bersamaan. Gue udah gabisa deskripsiin lagi deh, mending kalian tontonin kompilasi ngeband mereka. Dijamin bikin throwback parah sama drama nya!



Semua persahabatan mereka dimulai dari 20 tahun yang lalu. Tahun 1999. Pertemuan tidak sengaja mereka di gudang, karena pemikiran mereka yang sama: acara kampus yang ngebosenin, membuat pertemuan tersebut terjadi. Akhirnya dari saat itu mereka jadi sahabatan sampai sekarang.


Sempet terpisah Rumah Sakit, tapi pada akhirnya mereka bisa bekerja di satu Rumah Sakit yang sama, yaitu YULJE medical center! Jujur, gue agak lupa di bagian kenapa-mereka-bisa-satu-rumah-sakit dan akhirnya gue mengulang nonton episode 1 wkwk :) 

Intinya pada saat itu ayahnya Jeong-woon, presdir YULJE medical center, meninggal dunia. Akhirnya Jeong-woon pindah ke YULJE dan dia mengajak sahabatnya, Jun-wan buat ikut ke YULJE (Sisanya emang udah kerja di YULJE dari awal). Dan ta daa, akhirnya mereka berlima kembali bersatu dan bekerja bersama di YULJE! 

*RALAT! Ternyata yang kerja di YULJE pertama kali itu hanya Song-hwa. Seok-kyung dan Ik-jun pada saat itu belum mulai kerja. Terima kasih yang udah bantu ralat!


Apapun adegan mereka bareng-bareng, pasti gue suka. Entah cuma sekedar makan bareng di kantin, ngunjungin ruangan salah satu dari mereka dan pesen makan bareng, ngopi bareng, atau cuma duduk-duduk di taman rumah sakit, gue selalu menunggu scene mereka bersama. Karena serius deh, se-warm itu ngeliat mereka lagi ngumpul bareng. Serasa kita ikutan temenan juga sama mereka. Yaaa mirip-mirip geng nya reply 1988 lah yaa tapi versi umur 40 tahun nyaa :))


Disamping scene mereka bersama, gue juga nungguin story dari masing-masing pemain. Setiap pemain punya kisah tersendiri yang menarik banget buat kita bahas!

Pertama, kita mulai dari Jun-wan!


Jun-wan. Spesialis Torakoplastik. Jun-wan ini karakternya unik banget menurut gue. Kalo lagi jadi dokter, dia galak dan jutek mampus. Tapi kalo udah kumpul sama temen-temennya, ngakak banget! Terlihat pecicilan banget kalau udah bareng sama Squad 99. 

Tapi dibalik galak dan juteknya dia, Jun-wan ini tulus banget jadi dokter. Beneran yang memperhatikan setiap pasien dan keluarga pasiennya. Bahkan sampai akhirnya dia nerima posisi kepala bagian karena mau ngebantu dokter bawahannya yang kena masalah. 

Jun-wan juga orang pertama yang terlihat sangat jelas kisah cintanya. Gak main-main, yang dipacarin langsung adik sahabatnya sendiri, Ik-sun! 



Jujur! Siapa yang kejebak di episode pertama, karena Jun-wan yang ngegep-in mantannya Song-hwa selingkuh? HAHAHA gue sempet mikir kalau Jun-wan suka Song-hwa. Ternyata hanya sayang sebagai sahabat, gais! Karena hati Jun-wan sudah jatuh ke Ik-sun.

Lucu banget mereka berdua ini. Pacaran diem-diem, bahkan kakaknya sendiri si Ik-jun pun gak tau. Tingkahnya Jun-wan sama Ik-jun kalo udah berantemin hal yang sangkut pautnya sama Ik-sun tuh bikin ngakak banget! 




TAPII ternyata tidak semulus itu, saudara-saudara! Lika liku mereka dimulai dari Ik-sun yang gak mau nikah, sedangkan Jun-wan pengen banget punya keluarga. Jun-wan berusaha buat lapang hati dan bilang kalau dia gak masalah kalau gak menikah. Kirain udah happy ending tuh, eeeh ternyata di episode 12 kita digantungin! Jun-wan kirim paket ke Ik-sun yang lagi di luar negeri (lupa banget dimana, pokoknya di Eropa), tapi paket tersebut malah balik lagi ke Jun-wan. Katanya, paketnya Jun-wan ini gak di terima. 

Kemungkinan yang terjadi mungkin karena Ik-sun yang emang gak mau nerima paketnya Jun-wan (Yang ini agak aneh sih karena sebelum paketnya dikirim, mereka udah telponan. Tapi bisa aja Ik-sun ngebohong terkait alamatnya), atau sesuatu hal lagi terjadi sama Ik-sun, sehingga dia udah gak tinggal di alamat yang Ik-sun kasih tau ke Jun-wan. Gak ada yang tau. Kita bakal ketemu jawabannya di season 2. 




Lanjut ke orang yang paling flat tapi background storynya sangat kelam, Seok-hyung!


Spesialis kebidanan dan ginekologi. Seok-hyung ini salah satu dokter yang gue ngeliatnya keren banget! Seorang Seok-hyung, yang pendiem, yang anak mami banget, pas udah nenangin pasiennya tuh duh! Adem bangeet.

Seok-hyung ini juga yang paling beda sama temen-temennya. Dia paling suka sendiri, gak suka keramaian (kecuali sama temen-temennya). Mungkin hal itu bisa terjadi karena dia punya masalah keluarga yang super kompleks. Ayahnya yang selingkuh, dan Ibunya yang hidup sendiri dan mulai suka sakit yang bikin kepribadian Seok-hyung jadi kayak gitu. Tapi gue yakin, gak henti-hentinya Seok-hyung bersyukur karena punya temen-temen yang selalu ada sama dia.


Untuk kisah cintanya sebenernya flat banget. Seok-hyung cerai dan memutuskan untuk gak akan berhubungan lagi sama siapa-siapa. Tapi ada satu orang yang sangat tulus suka sama Seok-hyung, Min-ha! 


Dari awal yang sempet benci banget, semakin lama perasaan Min-ha si anak residen ini berubah jadi suka. Walaupun Seok-hyung udah nolak confession Min-ha, tapi gak bikin dia menyerah. Dilihat dari beberapa scene setelah pengakuan Min-ha, Min-ha tetep berusaha buat menemani Seok-hyung yang selalu sendirian. Gue yakin banget perasaan Seok-hyung mulai luluh buat Min-ha, tapi dia gak mau ada orang yang sakit hati karena kisah hidup nya. 


Sampai akhirnya di ending banget episode 12, setelah Seok-hyung menolak ajakan Min-ha makan bareng, ada yang telepon Seok-hyung. Sepertinya itu mantan istrinya. Entah lah, hal ini baru bisa kejawab di season 2. Semoga kebahagiaan menyertai Seok-hyung dan Min-ha!




Selanjutnya, si Garden a.k.a Jeong-woon!


Spesialis bedah pedriatik yang punya sifat sangat maniiiis. Karena selalu bertemu sama anak kecil, Jeong-woon suka banget sama anak kecil. Terlihat banget betapa sayangnya dia sama semua pasiennya. Tapi kesukaan itu cuma sebatas di rumah sakit aja karena Jeong-woon sangat bercita-cita jadi pastor seperti keempat kakaknya! Otomatis Jeong-woon gak akan menikah apalagi punya anak.

Tapi semua itu perlahan goyah, kawan-kawan. Semua karena dokter residen bedah umum yaitu si Winter a.k.a Gyeo-ul! 


Gue sempet kaget sama akhir dari pasangan ini, karena dari awal keliatannya seperti cintanya Gyeo-ul bertepuk sebelah tangan. Kita juga sempet terjebak di awal kalau Ik-jun suka sama Gyeo-ul karena kedeketannya, tapi ternyata karena Gyeo-ul suka mengorek informasi tentang Jeong-woon ke Ik-jun. 

Apalagi Jeong-woon yang cita-cita jadi pastor. Udah deh, pasangan ini paling gak ada tanda-tanda kejelasan.

TAPI SIAPA SANGKA BUNG ternyata Jeong-woon goyah dan seketika meninggalkan pastor nya untuk orang yang dia cintai, musim dinginnya a.k.a Gyeo-ul!


Confess Gyeo-ul ini bener-bener super merinding. One of my favorite scene! Walaupun dari awal sampai episode 11 gak jelas banget, kayak lagi main kucing-kucingan, tapi akhirnya Gyeo-ul memberanikan diri buat menyatakan perasaannya. 

Siapa sangka, ternyata sebelum pengakuan itu, Jeong-woon juga udah mantap duluan kalau dia akan meninggalkan pastor buat Gyeo-ul. Tapi keduluan Gyeo-ul yang ngaku. 


Gue merinding banget di bagian Gyeo-ul bilang, "Please stay by my side, instead of God's"

Apalagi tatapan Jeong-woon yang priceless banget. Mandang Gyeo-ul dalam-dalam, tanpa sepatah kata pun, langsung dijawab dengan action.

GILA GUE GILAAAAAAAAA. 

Uniknya ini satu-satunya pasangan yang berlayar di Hospital Playlist season 1. Winter Garden! Semoga kisah mereka tetap baik-baik aja di season 2 ya :')

*now playing Confession is not Flashy, winter garden anthem song* 


Kita lanjutkan ke dua orang yang sangat amat dicintai penontonnya, Song-hwa dan Ik-jun!

Kita mulai dari Song-hwa


Si paling manis di Squad 99. Spesialis bedah saraf. Perempuan yang dijulukin setan, karena hidupnya yang seperti gak ada kata lelah. Song-hwa juga yang paling sering dimintain saran sama orang-orang, mungkin karena dia perempuan. Padahal aslinya, perasaan Song-hwa itu bagaikan es. Beku banget!

Song-hwa ini bener-bener type of YOLO person. Semenjak diselingkuhin pacarnya, Song-hwa gak pernah pusingin lagi soal kisah asmaranya. Ia justru malah pengen hidup sendiri aja, sambil mengeksplor hal-hal yang dia suka. Termasuk camping di tengah ujan :))


Siapa sih yang gak pangling sih sama cantiknya Song-hwa? gue aja terpesona banget sama cantiknya dia, apalagi cowok-cowok! Cantik dan kebaikannya Song-hwa bikin dokter residennya dan sahabatnya sendiri jatuh hati sama dia.

Sejak awal, kita udah disuruh main tebak-tebakan. Kira-kira Song-hwa bakal sama siapa ya dari kelima sahabatnya ini? Karena patokan gue Reply 1988, gue sampai nyelidikin banget siapa dua orang dari sahabatnya yang suka sama Song-hwa.

Di episode awal, nama Jun-wan masuk di list pertama karena yang seperti gue bahas tadi, Jun-wan marahin mantannya Song-hwa yang selingkuh.

Lalu satu orang lagi kandidat-yang-suka-sama-Song-hwa gak keliatan banget. Sempet gue kira Jeong-woon, karena dia sering natap Song-hwa. Sempet juga Seok-hyung, karena dia pernah nembak Song-hwa di tahun 1999.

Dan akhirnya Jun-wan di blacklist karena macarin Ik-sun, Jeong-woon di blacklist karena pada saat itu dia mau jadi pastor, dan Seok-hyung juga di blacklist karena dia gak mau punya pasangan.

Akhirnya muncul lah satu-satunya kandidat terkuat yang belum di blacklist............dan ternyata  lawannya bukan dari sahabatnya, tapi justru dari dokter residen.

Chi hong.


Seperti dokter residen yang lainnya yaitu Min-ha dan Gyeo-ul, Chi-hong ini juga dokter residen yang super ngegas banget ke Song-hwa. Tiba-tiba join camping, ngasih sepatu, ngasih bunga, ngajak makan bareng, ngomong informal, sampai akhirnya confess langsung ke Song-hwa. Semua itu Chi-hong lakuin karena dia emang sesuka itu sama Song-hwa. 

Dan jawaban Song-hwa super sederhana tapi to the point, kalau dia cuma anggep Chi-hong sebatas partner kerja aja. Kadang, perlakukan Song-hwa ke Chi-hong seperti cuma menghargai atas usahanya Chi-hong aja.


Sebenernya sifat Chi-hong disini bisa positif bisa negatif, tergantung Song-hwa liat dari sisi mana. Kalau emang Song-hwa gak suka Chi-hong, pasti hal yang Chi-hong lakuin itu super bikin risih. Orang Song-hwa jelas udah gak suka, kenapa masih ngegas sih? Segala mau ikut Song-hwa ke sokcho itu aneh banget sih kata gue. Apalagi pas bagian main Truth or Drink sama tim bedah saraf + Ik-jun. Siapa sih yang gak kesel di scene itu? Hal-hal yang dia lakuin itu sejujurnya bikin risih dan justru bikin suasana jadi awkward. Untungnya Song-hwa tipe yang menghargai. 

TAPI, beda cerita kalau semua yang di perlakuin Chi-hong ini pada akhirnya meluluhkan hati Song-hwa. Kalau kita liat lagi, yang Chi-hong lakuin demi Song-hwa itu besar banget. Seakan dia mau nunjukin ke Song-hwa kalau dia beneran serius sama seniornya itu. Gue juga bukan tim Song-hwa sama Chi-hong. Tapi sekali lagi, gak ada yang tau kan Season 2 bakal berjalan seperti apa? 


Beda sama Chi-hong yang terlihat kekanak-kanakan, yang dilakuin sama rival nya a.k.a sahabat Song-hwa ini justru sangat amat dewasa. Ik-jun


Spesialis bedah hepato-bilier-pankreas. Cowok paling humoris, easy going, hangat, baik, manly, dewasa --tapi kekanak-kanakan sekaligus, sayang sama keluarga, sahabat, bahkan pasiennya sendiri, ah pokoknya he is my favorite character. Sifatnya Ik-jun bikin siapapun yang nonton pasti jatuh cinta dengan karakter Ik-jun!

Satu-satunya dari Squad 99 yang udah punya anak. Ik-jun sempet pisah jauh sama istrinya, hingga berakhir cerai. Dia sendirian ngebesarin anak satu-satunya, U-ju. SIAPA SIH YANG GAK SUKA U-JU? Dia terlalu menggemaskan!! 


Karena U-ju, sifat Ik-jun yang aslinya ngasal banget, kerjaannya minum-minum, ke club, karaokean, pokoknya kehidupan malamnya langsung di buang seketika demi bisa jadi ayah yang baik buat U-ju. Ah, I really love relationship between Ik-jun and U-ju! Ik-jun bener-bener jadi ayah yang hebat buat U-ju.

Bapak sama anak ini bikin cinta!




Dua kata yang bisa deskripsiin Ik-Jun. LUCU BANGET! Gue gak tau lagi sebanyak apa gue ketawa cuma karena tingkah gilanya Ik-jun. Kayak, beneran gak sih ada dokter se-slengean dia di dunia nyata? Bener-bener gak bisa diem, pecicilan, bergaul ke semua spesialis yang bahkan bukan spesialis bedah! Gue suka banget sama personality Ik-Jun yang super lucu dan humble ini!


Walaupun gak semuanya Ik-jun, tapi mostly scene ada ik-jun nya :))

Dan lagi, Ik-jun ini sampe di juluki cupid karena keahlian dia buat nyomblangin temen-temennya. Sebut aja Winter Garden couple. Kalau gak ada Ik-jun, Jeong-woon gak akan sadar sama perasaannya.
Dan juga pasangan Seok-hyung dan Min-ha. Walaupun akhirnya belum bersama, tapi Ik-jun sempet terjun langsung di keduanya dan nanyain perasaan Seok-hyung terhadap Min-ha. Apakah dia akan menjadi cupid Seok-hyung dan Min-ha di season 2? bisa jadi :))


Untuk kisah cintanya, Ik-jun awalnya cukup difokuskan sama istrinya--yang akhirnya jadi mantan. Trus juga sempet ketemu sama mantan pacarnya yang ternyata Go Ara, walaupun ini ternyata cuma cameo aja :))

Akhirnya scene pertama yang bikin gue luluh mampus adalah: Ik-jun nyamperin Song-hwa ke rumah sakit dan nemenin Song-hwa ngelihat hasil tes penyakitnya. Padahal cuma satu adegan sederhana doang, TAPI bener-bener start from that, i really love how Ik-jun treats Song-hwa!




Gak boong, gue segitu kagetnya pas Ik-jun tau-tau nongol di rumah sakit buat nemenin Song-hwa. Di tambah Ik-jun yang pada saat itu habis operasi dan belum tidur sama sekali. Karena episode itu masih cukup awal, dan pada saat itu gue masih menebak-nebak siapa yang suka Song-hwa.

Dan sepertinya episode ini bener-bener langsung membuat gue tersenyum lebar dan sangat senang! Akhirnya kebingungan gue terjawab oleh orang yang sangat tepat!

Dari scene itu, terbuka lah masa lalunya Ik-jun, yang ternyata pada saat tahun 1999 udah suka sama Song-hwa. Udah beli cincin buat hadiah ulang tahun Song-hwa, tapi akhirnya kado itu dia buang karena pada saat yang bersamaan, sahabatnya Seok-hyung, habis nyatain perasaan sukanya ke Song-hwa dan langsung ditolak. See, Ik-jun mendam perasaannya buat sahabatnya. 


TAPI dari perasaan tak tersampaikannya di 20 tahun silam dan scene nemenin Song-hwa di rumah sakit belum bisa jadi bukti konkrit kalau Ik-jun suka sama Song-hwa. Walaupun gue udah berharap banget, tapi gue masih mencoba melihat-lihat apakah Ik-jun beneran suka Song-hwa sampai detik ini atau cuma masa lalu aja?

Sampai akhirnya pertanyaan gue langsung terjawabkan di obrolan singkat Ik-jun dan Chi-hong. Pada saat itu Ik-jun lagi mengorek informasi tentang adiknya Ik-sun ke Chi-hong (Ik-sun dan Chi-hong sahabatan). Dan mengaku lah si Chi-hong ini kalau dia suka sama Song-hwa. 

Dan raut mukanya itu loh, gak bisa bohong kalau dia kecewa dan cemburu.

Pada scene itu terbukti lah kalau Ik-jun suka sama Song-hwa! 

Berarti, Ik-jun memendam perasaan ke Song-hwa selama 20 tahun. 20 TAHUN REK. 


Dari situ, jadi keliatan banget hal-hal kecil yang udah Ik-jun lakuin buat Song-hwa. Selain nemenin di rumah sakit, dia juga suka ngajak Song-hwa makan bareng berduaan aja, atau antar jemput Song-hwa pas lagi hujan deras. Pokoknya jadi terlihat perlakuan Ik-jun ke Song-hwa yang "lebih dari sahabat". 

Puncaknya itu waktu U-ju sakit. Itu bener-bener plot twist kalau yang dateng ke apartnya Ik-jun buat nemenin U-ju adalah Song-hwa.


Di episode pertama, U-ju juga tidur berdua sama Song-hwa di ruangannya Song-hwa. Lalu beberapa episode kemudian Song-hwa bela-belain dateng ke apartnya Ik-jun tengah malem cuma buat nemenin U-ju lagi sakit. Dan akhirnya adegan di episode pertama pun terulang, Song-hwa tidur bareng U-ju.

Dan scene di apart ini, terbit lah confession pertama secara tersirat dari Ik-jun untuk Song-hwa.


AH GEMES BANGET. Cara Ik-jun mengekspresikan perasaannya tuh juara banget. Bikin Song-hwa langsung skak mat, gak bisa bales ucapan Ik-jun. Memang dia gak confess seutuhnya, tapi siapa sih yang gak mau mati denger kata-kata yang keluar dari mulut Ik-jun?

Dikirain itu satu-satunya confession Ik-jun, ternyata enggak. Gak cuma sekali dua kali, TAPI TIGA KALI CUY.

Selanjutnya. Pas lagi main Truth or Drink bareng sama tim spesialis bedah saraf.


SCENE INI TUH LOVE AND HATE AT THE SAME TIME GAK SIH. Love nya, Ik-jun ngaku kalau dia suka sama Song-hwa. Dan hate nya, karena ego Chi-hong yang terlalu tinggi bikin suasana jadi cukup awkward.

Padahal pas dia dapet truth yang pertama, dengan Ik-jun minum tuh juga sebenernya udah terjawab kalau dia suka sama Song-hwa. Kalau gak suka, ya Ik-jun gak akan minum. Tapi dia lebih memilih untuk minum ketimbang jawab jujur, karena Ik-jun gak mau suasananya jadi canggung.

BUT CHI-HONG malah minum minumannya Ik-jun dan nanya lagi ke Ik-jun, apakah dia suka sama Song-hwa atau enggak. Mau gak mau Ik-jun jawab jujur dong. Dan setelah itu, suasananya jadi canggung mampus.

DAN SETELAHNYA SCENE MEREKA KARAOKE. Pas Ik-jun nyanyi lagu i know i love. AHHHH, SAKIT BANGET LIATNYA. Ekspresi dan tatapan Ik-jun bener-bener gak bisa bohong. Dia se sayang itu sama Song-hwa. Nangis banget gue nontonnya di scene itu :')

*langsung loncat ke menit 16:21 ya untuk melihat Ik-jun nyanyi dengan penuh penghayatan :')*

Dan gue pikir confession saat Truth or Drink itu jadi pengakuan terakhir Ik-jun buat Song-hwa. Sejujurnya, gue takut banget Ik-jun bakal kayak Jung-pal di reply 1988 yang cuma memendam perasaannya selama 20 tahun tanpa diungkapin langsung ke Song-hwa. Walaupun Ik-jun udah jujur soal perasaannya 2 kali, tapi menurut gue itu belom bisa termasuk confession yang sebenarnya. Mengingat yang pertama dan kedua Ik-jun lakuin karena posisinya dia ditanya dan harus dijawab dengan jujur.

Sampai akhirnya di episode terakhir, Song-hwa yang pindah ke sokcho. Ik-jun nyempetin susul Song-hwa sebelum dia berangkat ke luar negri, DAN FINALLY DIA MENYATAKAN PERASAANNYA!


NANGIS GAK SIH. DAN Ik-jun nyatainnya bener-bener dewasa, dan se serius itu. Gue sampai sekarang nonton scene ini gak berhenti buat gak senyum. Dia tiba-tiba ada di sokcho aja gue udah kaget, ditambah confession nya pulak!


Menurut gue confession Ik-jun yang udah banyak ini (sampe 3 kali) udah cukup banget. Seenggaknya Ik-jun gak mental ciut kayak Jung-pal di reply 1988. Seenggaknya dia udah berani buat menyatakan perasaannya yang dipendam 20 tahun, dan berani ngambil resiko dengan alasan dia gak mau menyesal nantinya.

Tapi lagi-lagi kita di gantungin. Song-hwa belum jawab dan kita harus nunggu season 2 buat tau jawabannya Song-hwa. Bener-bener gak ada yang tau apa yang dirasain Song-hwa. Apakah Song-hwa juga suka balik sama Ik-jun?



Kalau kita ngeliat tingkahnya Song-hwa, pasti kita juga ngira kalau Song-hwa suka balik ke Ik-jun. Dia yang selalu jagain U-ju, bela-belain ke apartnya Ik-jun buat nemenin U-ju, obatin tangannya Ik-jun jadi kayak kodok, ngelap mukanya Ik-jun, senyumnya pas ngeliat Ik-jun lagi duduk di rumah sakit buat nemenin Song-hwa berobat, senyumnya pas Ik-jun confess pertama kali di apart dia (sampai Song-hwa gak sadar kalau hujan lagi turun), dan hal-hal kecil lainnya yang kalo kita perhatiin, kayaknya Song-hwa suka balik deh.

TAPI sekali lagi, kita gak ada yang tau perasaan Song-hwa gimana. Apakah Song-hwa beneran suka balik sama Ik-jun, atau dia cuma anggep Ik-jun sahabat?

Atau Song-hwa lah justru yang bakal jadi Jung-pal nya Hospital Playlist?

Gak ada yang tau.



Writer-nim ini punya segudang ide buat bikin cerita jadi gak terduga. Jadi, apapun yang kita tebak di season 1 ini belum tentu bakal kejadian di season 2.


Harapan gue cuma semoga di season 2 akan ada ending yang bahagia buat mereka semua, especially Ik-jun <3



OH IYA, selain cerita mereka berlima dan para residennya, side story di Hospital Playlist juga bener-bener juara banget! Drama ini menyuguhkan cerita sehari-hari yang biasanya terjadi di rumah sakit. Ada yang lahir, ada yang meninggal, ada yang sakit, ada yang sembuh, dan setiap ceritanya bener-bener menyentuh banget. Banyak banget pesan moral yang bisa diambil dari drama ini. 


*inget kan scene ini? :))*


YAAAPPPP ITU DIA menurut pandangan gue terkait drama Hospital Playlist dan semua pemain utamanya. Bahkan gue gak nyangka nulis sepanjang ini WKWKW maaf yaa kalau terlalu panjang dan bertele-tele, karena gue terlalu excited buat ceritain drama ini :)) 

Buat yang mau ngasih pendapat juga atau sekedar bercerita menurut kalian tentang drama ini, boleh banget komen dibawah! Sambil kita bernostalgia bareng sama ceritanya menunggu season 2 :) 



Samapi bertemu di 2021, Squad 99! Semoga akan ada akhir yang baik buat semuanya yaaa <3 

Ku tunggu kalian kembali nongkrong di ruangannya Song-hwa :')

Related Articles

4 comments:

  1. Btw mbak, yg dr awal kerja di YULJE itu cuma Songhwa. Ikjun ngebuka topi pas sama Uju ke Yulje, Jeungwon dan Junwan sebelumnya bareng di RS Kanggo (?) or something dan Seokhyong setelah lulus tadinya blm mau kerja. Makasih mbak review panjangnya. Ga sabar nunggu season 2nya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. AHHH IYA betul jugaa aku baru inget :'') terima kasih mbak ralatnyaa, terima kasih juga udah mampirr <3

      Delete
  2. Ikjun - Seokhyeong ini mirip banget ngga sih sama Taek-Jungpal? Pas adegan ikjun buang cincin di tahun 1999 itu senada ama Taek yang nangis di telepon karena batalin janji ama Deoksun :’) Intinya writer-nim nya keren banget, ngarepp sih kalo Ikjun bakal jadi sama Songhwa, mereka bakal jd powerful couple banget. Dan Hospital Playlist ini ngasih insights banget tentang gimana usia 40-an mestinya dijalanin, masih mesti menjaga persahabatan (dengan saling nyempetin waktu buat melakukan hal bareng, which is nge-band!), menjaga orang tua dan juga keluarga :’)
    Can’t wait for season 2! ❤️ and thank you for writing all those details, Hospital Playlist is my 2020 best drama ❤️

    ReplyDelete
  3. Drakor terfavorit selain R88. Gak bosen nontonnya berkali2. Bahkan kalo ke RS pun SMP kepikiran, ada gak dokter kyk mereka yg care bgd sm pasiennya. Yg menurutku bener2 menjalankan sumpah dokter.
    Keren bgt deh Drakor ini.

    ReplyDelete