Friday, 13 July 2018

Reply 1988: Sebagus itu!



HALO GUE KEMBALI LAGI! Kali ini gue mau review drama yang terkenal banget pada masanya. Yup, Reply 1988.

Dan gue rasa sampai saat ini bayang-bayang ceritanya juga gak pernah hilang dari hati para penontonnya.

For your information, ini drama korea, keluaran tahun 2015 dan selesai di tahun 2016 (Iya, bukan tahun 1988 kok. Cuma judulnya aja). Dan for your information lagi, gue baru menonton ini beberapa minggu yang lalu. Maklum lah ya masih newbie soal per-drama-koreaan. Gue nonton ini karena banyak direkomendasiin sama temen-temen gue, dan gue gak nyangka ceritanya SEBAGUS ITU. Mungkin gak dikit juga penonton yang gak puas sama endingnya, tapi gue bener-bener puas banget. Emangnya gue tim siapa sih, bisa sampe sepuas ini habis nonton? Baca ya sampe abis!


Setelah ini gue akan spoiler abis-abisan. Jadi yang belum nonton bisa berhenti baca sampai disini.


Gue gak akan ceritain lagi tentang sinopsisnya, kalian bisa liat sendiri di internet buat sinopsis sama trailernya. Intinya cerita ini tuh berlatar belakang tahun 1988, dan ada 5 anak yang sahabatan dari kecil karena mereka tetanggaan, sampe gede pun mereka selalu main bareng. Dari yang ujung kiri pake kacamata itu namanya Dong Ryong, lanjut ke kanannya ada Sun Woo, Duk Seon, Jung Hwan (Biasa dipanggil Jung Pal), dan yang terakhir Choi Taek.

Gak gue doang, pasti semua orang iri banget sama persahabatan mereka. Gimana mereka selalu main bareng ke kamarnya Taek. Selalu ngerayain bareng kalo ada yang ulang tahun. Saling ngejek satu sama lain tapi saling ngedukung dan ngebantu juga. Gue ngerasa persahabatan mereka tuh hidup banget. Kayak suasananya jadi sepi, kalo mereka lagi gak bareng.

Gambar terkait

Cerita ini ngefokusin banget ke keluarga, persahabatan, dan romansanya juga dapet banget. Yang keren dari drama ini, tiap episodenya ada aja pelajaran yang bisa diambil. Banyak diceritain tentang masalah hidup yang emang kita sendiri juga pasti ngalamin. Entah masalah sesama sahabat, atau masalah anak dan orang tua, dan konfilk-konflik ringan lainnya, yang kalo dipikir-pikir emang gak seringan itu. Ada aja gitu bikin gue mikir dan ngerenung sendiri tiap nonton episodenya.

Tapi gak ngurangin lawaknya juga. Tiap episodenya pun gak pernah ketinggalan komedinya yang bikin gue ngakak sendiri. Favorit gue sih Duk Seon kalo udah digabung sama Dong Ryong! Gila sih mereka berdua kocak banget kalo udah ketemu. Bahkan gue sampe mikir kalo Duk Seon sama Dong Ryong aja HAHAHAAH MAAFKAN KETIDAKWARASAN OTAK GUE.



Membahas kemustahilan di atas, sebenernya siapa sih yang cocok sama Duk Seon? Dan sebenernya gue tim siapa sih? Jung Pal atau Taek? atau malah Sun Woo?

Oh iya, yang keren juga dari drama ini, alur ceritanya dibuat maju mundur seakan-akan Duk Seon ditahun 2015 sedang bercerita tentang dirinya di masa SMA yaitu ditahun 1988. Dan Duk Seon 2015 gak sendiri, dia cerita sama suaminya yang merupakan salah satu dari keempat sahabatnya Duk Seon. Nah loh, penontonnya jadi dibuat mikir. Karena Duk Seon dan suaminya ditahun 2015 diperankan sama pemain yang berbeda. Dan sama sekali gak ada clue yang menggambarkan siapa suami Duk Seon.


Sempet Sun Woo yang terlihat seperti suka Duk Seon, ternyata melenceng kawan-kawan! Sun Woo justru suka sama Bo Ra, kakaknya Duk Seon yang notabene orangnya galak dan nyeremin banget. GUE KEJEBAK SAUDARA-SAUDARA. Dan gue yakin orang-orang diluar sana juga berfikiran kalo Sun Woo suka Duk Seon, dan gue juga yakin pasti udah banyak orang-orang yang ngeship mereka berdua. Secara Sun Woo murid teladan dan ganteng pula!

Tapi kalo urusan Sun Woo dan Bo Ra gak perlu dibahas lagi lah ya. Gue mendukung penuh mereka berdua sejak mereka pacaran diem-diem dan finally, happy ending!


Tinggalkan Sun Woo, sekarang kita masuk ke dua kandidat yang tersisa. Yup, Jung Pal dan Taek! Hayoooo siapa yang tim Jung Pal? Siapa yang tim Taek?

Gue bahkan sampe sekarang kalo disuruh milih salah satu diantara mereka berdua, gue gak bisa HAHAHA terlalu cinta sama keduanya~

Hasil gambar untuk reply 1988

Dan ini pertama kali dalam seumur hidup gue ngeship tokoh utama cewek sama siapa aja! Literally kalaupun sama Dong Ryong pun gue rela AHAHAHA.

Ah, gue terlalu cinta sama Dong Ryong.

LANJUT. Setelah gue melihat komentar-komentar orang sih, penonton lebih suka cowok yang manly kayak Jung Pal. Yaa tapi gak sedikit juga yang suka cowok imut-tapi-kayak-robot seperti Taek.

Sebenernya gak ada yang nyangka juga sih. Dari awal cerita, seperti diarahin banget Jung Pal sama Duk Seon. Bahkan dari jaman masih Sun Woo 'terlihat seperti' suka Duk Seon. Inget kan kalian semua part dimana Sun Woo mau cerita ke Jung Pal kalo dia lagi suka sama seseorang, tapi Jung Pal cemburu dan malah jawab "Gue gak tertarik sama kisah cinta seseorang"? ANJAE.


Dan dari awal pun, bener-bener ditunjukin bangen rasa perhatiannya Jung Pal ke Duk Seon. Mungkin karena sifat Jung Pal yang cool dan banyak diem tapi peduli yang bikin banyak yang jadi tim Jung Pal.


Dari waktu tengah malem hujan trus Jung Pal ngasih payung ke Duk Seon, tiap malem Jung Pal nungguin Duk Seon pulang, tiap pagi nunggu Duk Seon didepan rumah, trus waktu ngumpet berdua di gang sempit gitu, Jung Pal yang nahan Duk Seon biar gak jatuh di bus, Jung Pal yang rela-relain dateng ke McDonald, dan perhatian-perhatian lainnya.

Semua masih mulus sampai akhirnya cowok datar sedunia membuat pengakuan kalau dia suka Duk Seon, Taek!


Taek bilang dia suka Duk Seon didepan ketiga sahabat cowoknya, dan itu artinya ada Jung Pal dong!

Pertamanya gue berfikir kalo Taek bakal jadi sosok Reporter Kim di drama She Was Pretty. Karena Taek sadar kalo Jung Pal suka sama Duk Seon dari gerak-geriknya Jung Pal, dan dia juga ngeliat di dompet Jung Pal kalo ada fotonya Duk Seon yang ngebuat Taek memutuskan buat ngebatalin rencana jalannya sama Duk Seon. Demi Jung Pal.

Apalagi semenjak insiden 'Duk Seon-izin-ke-Jung Pal-mau-kencan-buta-tapi-gak-dibolehin-sama-Jung Pal', Duk Seon jadi suka sama Jung Pal. Makin yakin dong ya kalo Duk Seon akan berakhir bersama Jung Pal.


Ternyata tidak saudara-saudara! Keadaan berbalik 180 derajat!


Makin kesini Taek lebih banyak berjuangnya buat Duk Seon, sedangkan Jung Pal kebanyakan ragunya. Jung Pal selalu dateng ke Duk Seon disaat Taek udah sampe 1 detik lebih dulu. Coba kalo Jung Pal enggak banyak mikir, pasti dia bakal lebih cepet nyampenya kan? itu yang bikin gua emosyi sama Jung Pal.

Bahkan sampai akhir pun perasaan Jung Pal gak terungkap. Tergantikan sama Taek yang makin lama makin care sama Duk Seon. Perasaan Duk Seon pun makin lama juga berubah.


That's why he lost her. 





Dan siapa yang masih inget di salah satu scene di episode 19? PASTINYA INGET DONG.

SIAPA YANG NANGIS BERJAMAAH NONTONNYA? SAYAAAAAAAAAAA.




Menurut gue dari sekian banyak part Jung Pal, scene ini yang paling sedih. Gue merasa Jung Pal terpaksa membuat seakan-akan dia cuma bercanda, biar suasananya gak canggung. Apalagi Jung Pal pasti ngerasa kalo Duk Seon udah berpindah ke lain hati. Keliatan banget dari setiap ada orang yang masuk, Duk Seon selalu nengok ke pintu. Berharap 'seseorang' dateng.

TAPI gue cukup yakin sih kalo Duk Seon di part itu pasti menyadari kalo omongan dari Jung Pal itu semuanya bener. Gue yakin banget!

Liat dari ekspresinya Duk Seon. LIAAT SAUDARA-SAUDARA.

Kalian juga inget kan part dimana Taek mampir ke akademinya Jung Pal, trus makan bareng? Di saat Taek mau bilang soal Duk Seon ke Jung Pal, dan dengan manly nya Jung Pal bilang "Just go with Duk Seon."



Gue langsung inget Reporter Kim di She Was Pretty yang udah sebaik itu ke Kim Hye Jin dan akhirnya dengan lapang dada melepaskannya untuk orang lain. MANA KUAT DONG YA GUE SAMA COWOK-COWOK YANG SEPERTI ITU.

Nangis dong gue.

Dan dengan pengakuan pura-pura Jung Pal dan perbincangannya dengan Taek, berakhir sudah perjuangan Jung Pal untuk mengejar Duk Seon.

*nangis lagi*

Hasil gambar untuk reply 1988 jung hwan deok sun taek
Goodbye Jung Pal team! *cry*


Memasuki Taek ke dalam kehidupan Duk Seon. Sebenernya Taek terlihat manly nya baru di pertengahan menuju akhir. Dimulai dari saat Taek gendong Duk Seon, officially bikin gue goyah mau jadi tim siapa. Dari tadi gue gak cerita ya? gue ini tim Jung Pal sewaktu mereka SMA WKWKWWK. 

Jadilah setelah itu, gue mempasrahkan diri Duk Seon sama siapa aja. Gue langsung berubah menjadi tim netral. Karena setelah diliat-liat, Taek keren juga. Bahkan sampe saat ini cara ngomong Taek yang kayak robot masih terngiang-ngiang di otak gue. 


Dan gue mau jantungan pas ternyata tahun 1989 ciuman mereka itu gak mimpi. Gak gak. Gue udah jantungan kayaknya. 

Tiba-tiba, tau-tau semenjak dari Beijing (Koreksi gue kalo salah, pokoknya di cina), mereka udah pacaran. 

Trus kisah mereka berdua ngalir gitu aja. 

DAN SCENE FAVORIT GUE WAKTU MEREKA BERDUA BERANTEM. AHAHAHAHA!



Setelah itu semua, gue langsung mendukung penuh Duk Seon dan Taek. Gak dijelasin secara rinci di episode akhirnya reply 1988. Kelanjutan mereka cuma diceritain pas Duk Seon dan Taek ditahun 2015. intinya, mereka berdua juga happy ending! yeeey!


Mungkin banyak dari penontonnya yang kurang puas sama endingnya. Jung Pal nya kurang diperjelas lah, atau Duk Seon sama Taek juga tiba-tiba aja gitu langsung ke tahun 2015. Dan pada bilang juga endingnya gantung. Menurut gue sih gak ada yang salah sama endingnya.

Gue rasa, cerita ini sengaja dibuat bukan ke situ arahnya. Bukan ke Duk Soen-Bakal-sama-siapa. Tapi gimana mereka ngegunain waktu masa muda mereka. Waktu yang makin lama makin berlalu dan ninggalin semuanya. Ssamundong yang makin lama gak keurus, digusur dan dijadiin apartment. Padahal seberapa banyak memori mereka semua di situ. Waktu juga yang bikin 5 orang sahabat jadi enggak bersama lagi. 

Sejujurnya gue juga berharap 5 sahabat itu bakal ketemu di tahun 2015. Ternyata enggak. Justru gue makin sedih lagi. Bukan sedih karena gue enggak bisa ngeliat mereka dewasa. Tapi gue sedih karena gue mikir, realitanya mereka berlima udah gak bersama lagi. Semuanya udah dimakan waktu. Udah hidup masing-masing.

Gambar terkait


Dan gue jadi nostalgia sendiri, sambil denger lagunya Park Boram yang Hyehwadong, ost dari Reply 1988 (LAGUNYA BENER-BENER BIKIN NOSTALGIA).

Tiba-tiba gue inget semua memori gue dari gue kecil, SMP, dan SMA. Gue bahkan belom siap buat lanjut ke jenjang-jenjang berikutnya. Kerja, nikah, punya anak, tua. Ninggalin semua masa muda gue yang bahagia. 

That's the point.

Pokoknya, Reply 1988 jadi cerita pertama yang bikin gue kepikiran berhari-hari, bahkan bisa nangis sendiri ingetnya. 100% recommended! Harus ditonton! Banyak banget pelajarannya.

Dan sekarang gue kangen banget sama kehidupannya Ssamundong!:'(

Hasil gambar untuk reply 1988

Gambar terkait

Related Articles

30 comments:

  1. Ternyata emang bagian jung pal ngasi cincin ke deoksun bikin semua orang nangis, terimakasih sudah review!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. huhu adegan ter baper sepanjang reply 88! :') terima kasih sudah membaca!<3

      Delete
  2. DRAMA TERBAIK SEPANJANG MASA YANG PERNAH GUE TONTON!!!!!
    DAEBAK POKOKNYA DAH!!!!

    https://www.suryanata.id/2020/04/reply-1988-drama-korea-2015-tv-series.html

    ReplyDelete
  3. review ini bener2 ngutarain isi hati aku bgt! terima kasih :"")

    ReplyDelete
  4. Selalu nangis tiap episodenya 😭 bisa banget nangis dan ngakak di waktu yg bersamaan. Keren si series reply ini, dari reply 1997 1994 1988. Yang paling muantap 1988 emang. Kangen ssamundong huwaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama banget! ceritanya hangat sekali, bikin kangen ya:') terima kasih sudah membaca! :)

      Delete
  5. Gue baru selesai nonton. Kenapa bapernya gak ilang-ilang ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha dari gue tulis review ini (2018) sampai sekarang pun bapernya belum hilang:') terima kasih sudah membaca!<3

      Delete
  6. Baru nonton tahun sekarang. Ketinggalan banget gak sih. Beneran ngeship sama jungpal sebenernya tapi mau gimana lagi akhirnya malah sama Taek.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha emang perasaan yang cuma dipendam bakal kalah duluan sama yang berani menunjukkan:') terima kasih sudah membaca!<3

      Delete
  7. Bener BUWANGET, aku Juga baik bisa move on dari reply 1988 sampe skrg hehehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. huhuu akupun jugaa:') terima kasih sudah membaca!<3

      Delete
  8. Baru nonton tahun 2020 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting ada kesempatan untuk ketemu ssangmundong! terima kasih sudah membaca! :)

      Delete
  9. Baru nonton mei 2020. Dan bakal jadi film favorit sepanjang masa.

    ReplyDelete
  10. barusan finish marathon reply 1988 selama 3 hari 😂😂

    awal nonton episode satu dua sudah mulai bosan, tp yes, pesona droyong sm kkocakan emak bapak mereka bikin w ngelanjutin terus nontonnya..

    huuaaa ceritanya benar2 mantaap..
    bikin baper, bikin nangis, bikin ngakak juga..
    aktingnya mantap semua.. huhuuu

    w juga awalnya tim jungpal tp ngeliat jungpal gengsinya tinggi gitu, w jd kesel, terbukti kan, taek lebih berani bertindak even dia kaku kek robot..
    gw yg nonton aja dibikin baper, apalg si deok son hehee

    duuhh campur aduk deh nonton reply 1988
    rekooommeeeennn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju bangeeeet! Suka banget sama jungpal tapi karna dia gitu jadi berpindah haluan deh :') terima kasih sudah membaca!<3

      Delete
  11. NANGISSSS HYUNG AK BACANYA T_T

    ReplyDelete
  12. Makasih review nya mengutarakan hatiku banget hewhew.
    Gila siii ini drama sampe sekarang masih baper dooong bukan cuma baper masalah percintaannya tapi baper juga sama pertemanan para ahjuma2 di ssangmundong :( keakraban para tetangga. Adegan paling nyesek pas satu persatu pindah dan ssangmundong jd terbengkalai dan tinggal kenangan huaaaaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama banget! ku nangis banget di bagian mulai pada pindah dan ssangmundong digusur huhuuu :') Terima kasih jugaa udah mampiiir dan baca <3

      Delete
  13. Baru selesai nonton 6 Juli 2020 di era Covid-19. Direkomendasikan sama temen yang dari Thailand. Gak terlalu ngikutin drakor, kayaknya ini drakor pertama yang niat banget aku tonton dari eps awal sampai tamat. Keren ceritanya, nice review as well !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pilihan tepat banget menonton reply 1988 sebegaia drakor pertama yang ditonton! Terima kasih sudah mampiir :)

      Delete
  14. Aduh awalnya ku juga team Jungpal tp perlahan ragu soalnya aku melihat bau2 Taek yg suka sama Deoksun dan TERNYATA BENER! Otw berubah ke Team Taek dong liat Taek yg usahanya max.. Trs Deoksun jg sbenernya suka sm Taek cuma dia ga sadar aja, telat sadarnya.. Jungpal kadang bikin kesel sih, banyak kesempatan tp g pernah diambil.. pd akhirnya keduluan haduu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul bangeeeet! aku dulu team jungpal tapi mulai hilang karena ketidakjelasannyaa huhuu sebell :( btw terima kasih sudah bacaaa <3

      Delete