Tuesday 27 February 2018

Tips liburan ke Jepang tanpa pake tour/travel!


Haloooo kembali lagi! kali ini gue pengen ngasih tau sedikit tips liburan tanpa pake tour/travel! khususnya di jepang, karena kemarin gue baru balik dari jepang dan selama liburan di sana gue tanpa pake jasa tour apapun. 

Alesan gue gak pake jasa tour/travel, karena bisa lebih bebas aja mau kemana aja. Emang sih enaknya kalo pake tour/travel, kita tinggal ikut aja. Tapi kan kurang bebas aja gitu karena semuanya di atur, gak bisa lama-lama, gak bisa bebas mau ke tempat yang kita pengen, dan lebih mahal juga kan. 

Dan liburan sendiri enggak sesusah itu kok! Nah ini dia, tips liburan ke Jepang sendiri tanpa pake jasa tour/travel!
1. Persiapin passport dan visa. Itu paling nomer satu, karena kalo dua itu udah bermasalah, udah deh bakal susah urusnya. Karena passport dan visanya kita urus sendiri, jadinya semuanya juga harus jeli. Jangan sampe salah data. Kalo imigrasi bermasalah di Indonesia sih masih gak masalah, kalo bermasalahnya di Jepang? 

2. Tiket pesawat! Tiket pesawat juga jangan disepelekan. Jangan sampe salah tanggal tiketnya. Dan juga nama passport dan visa sama tiket pesawat jangan sampe beda deh, satu huruf pun salah udah gak bisa berangkat. Jadi pastiin tiketnya dengan baik yaa.

3. Pastiin juga kita bakal mendarat di bandara mana. Fyi di Jepang itu bandaranya banyak. Di tokyo aja ada dua, Hanaeda dan Narita. Belum di kota yang lain. Jadi, perhatiin juga bandaranya ya! Trus juga persiapin kita bakal naik apa dari bandara ke tempat penginapan. Jadi begitu sampe bandara, kita udah gak kebingungan lagi

4. Tempat tinggal selama di sana. Gue saranin kalo kalian perginya ramean, pesen aja di Airbnb! Karena Airbnb itu semacem apartment gitu. Jatohnya lebih murah sih, karena hotel di Jepang kan mahal-mahal tuh. pilih Airbnb nya juga sebebas kita dari paling murah sampe paling mahal ada. Dari yang cuma satu kamar sampe ada banyak kamarnya juga ada. Trus liat juga ya lokasinya dimana. Jangan main pesen aja. Kita harus tau lokasi tempat penginapan kita di mana, jaraknya ke stasiun berapa jauh, minimal kita harus tau jalan dari stasiun ke tempat penginapan deh. Kalau bisa pilih tempat penginapan yang deket sama stasiun, sama deket minimarket.

5. Buat Itenary/jadwal perjalanan setiap hari nya selama di sana dari sebelum berangkat. Inisih penting banget menurut gue. Jauh-jauh hari sebelum kita berangkat ke Jepang, kita harus udah buat jadwal perjalanan kita selama di sana. Karena kita gak pake jasa tour/travel, jadi yaa kita harus buat sendiri. Jangan sampe di sana malah kebingungan sendiri karena gak tau arah. Kita harus susun rapih setiap harinya mau kemana aja, naik transportasi apa aja. Jadwal keretanya juga. Biaya masuk atau biaya transportasinya berapa. Pokoknya harus disusun rapih jadi begitu di sana kita udah tinggal jalan aja deh. Buat liat jadwal kereta, selama di sana gue pake aplikasi Japan Travel. atau di versi web, kalian bisa pake HyperDia. Buat destinasinya sih tinggal liat di google aja ya tempat menarik di Jepang tuh di mana aja. Sama gue juga ngeliatin vlog/blog orang-orang yang udah pernah ke Jepang, jadi banyak pilihan.

6. JR PASS! Menurut gue ini juga salahsatu yang penting sih. Jadi, JR Pass itu semacam tiket  kereta unlimited gitu. Kita beli JR Pass sekali di awal, nah selama satu minggu kita udah bebas naik kereta tanpa mikirin biayanya lagi. Gue saranin juga belinya di Indonesia aja, biar begitu di sana kita udah gak mikirin tiket kereta lagi. Emang JR Pass ini agak mahal, tapi percaya deh ini tuh nguntungin banget. Kita udah bisa bener-bener kemana aja make JR Pass. Bahkan ke Osaka atau Kyoto yang jauh banget dari Tokyo, bisa pake JR Pass. Tapi tetep harus diperhatiin juga ya keretanya, karena gak semua kereta bisa pake JR Pass. Di aplikasi atau web jadwal kereta yang gue kasihtau tadi, itu dikasih tau juga kereta apa aja yang JR Pass. Tapi tenang aja, sebagian besar keretanya JR line kok! Nguntungin banget deh pake JR Pass.

7. Cek musim dan cuaca. Wah gila sih ini penting banget. Karena Jepang punya 4 musim, jadi baju selama disana itu gak bisa disepelein. Jangan sampe kita udah cantik-cantik bawa baju seksi ke Jepang, eh ternyata lagi winter. Fail banget kan. Cek dulu di negara yang mau kita kunjungin lagi musim apa. Setelah itu kita bisa cari baju yang sesuai sama musimnya. cek cuaca juga penting! Bukan hal yang gak mungkin kalo sewaktu-waktu bakal hujan. Kemaren waktu gue udah jauh-jauh ke Kyoto dari Tokyo, eh ternyata hujan. Jadinya harus nyari payung segala macem dulu deh, ribet lagi kan

8. Makanan selama disana. Terutama buat muslim, kalo gak yakin, hindarin aja daging. Tapi bukan berarti semua daging itu babi ya kalo disana. Cuma buat jaga-jaga aja. Selama kemaren gue ke Jepang, gue sekeluarga bawa banyak makanan gitu. Jadinya di sana makanan jadi aman. Tapi kalo menurut kalian bawa banyak makanan itu ribet, googling aja cari makanan halal. Ada kok makanan halal di jepang, cuma enggak banyak aja. Kalo gak nemu makanan halal, yaudah makan yang ada aja. Namanya juga di negara yang susah cari makanan halal, jadi yaa bismillah aja kalo mau makan. 

9. Download aplikasi waktu shalat. Buat muslim juga nih, kalo ke negara yang muslimnya minoritas, jangan lupa download aplikasi jadwal shalat yaa. Kalo guesih downloadnya aplikasi Muslim Pro. Di aplikasi itu selain jadwal shalatnya lengkap, ada arah kiblat juga. Jangan lupa juga mukena dan sajadah yang mudah dibawa-bawa ya. Karena jarang banget ada masjid atau mushala disana.

10. Yang paling penting nih, sesuaikan budget lo ya! Jangan dipaksain banget, harus nginep di tempat mewah gitu misalnya. Jepang tuh emang barang-barangnya cukup murah, tapi transportasinya mahal. Jadi kalo emang udah plan mau ke Jepang atau ke negara lain, nabung dulu mending jadi disananya juga gak ngirit-ngirit gitu. Trus juga siapin uang sekian jadi disana gak kehabisan uang. Liat juga dari jauh-jauh hari harga-harga nya. Pokoknya disesuaian aja deh.

Paling itu aja sih sedikit tips dari gue. Semoga bermanfaat yaaa! Buat yang mau liburan, Happy holidaaay!~

Related Articles

0 comments:

Post a Comment