Wednesday 31 October 2018

My 'Sinusitis' Story

Hasil gambar untuk health quotes tumblr

Mungkin belom banyak yang tau, kalo gue sebenernya menderita penyakit sinusitis.

Buat yang belom tau, sinusitis itu penyakit yang terjadi di sinus. Sinus sendiri adalah rongga kecil berisi udara yang terletak di rongga pipi dan dahi. Nah kalau sinusnya infeksi atau peradangan, dan ada lendir masuk di rongga sinus itu, berarti kena penyakit sinusitis.

Gambar terkait

Mungkin terdengernya sinusitis itu penyakit ringan dan sepele. Padahal aslinya enggak sama sekali. Gue bener-bener menderita.

Kembali pada zaman SD, gejala pertama gue itu bersin-bersin gak berhenti di setiap pagi nya. Iya, bener-bener di setiap pagi. sampe udah jadi rutinitas. Dan gue suka meler tiba-tiba. Entah siang-siang tiba-tiba ingusan, atau malem sebelum tidur. Awalnya gue selalu berfikir kalo cuma pilek biasa. Jadinya gak pernah gue periksa.

Tapi karena berkepanjangan gini pileknya, akhirnya gue coba ke dokter dan setelah test rongent dan test segala macem, fix gue kena penyakit sinusitis.

Pesan #1 : Jangan menyepelekan penyakit sebatas pilek

Itu pertama kali gue divonis kelas 6 SD. Gak susah sih penyembuhannya, cuma pake obat aja sama gak boleh makan dan minum dingin, gak boleh berenang, gak boleh kena debu, gak boleh dingin, banyak dah gak bolehnya. Karena posisinya pada saat itu gue cuma kena sinusitis di pipi. Yang di dahi belom kena.

Belom loh ya.

Yaudah tuh setelah sekitar dua sampe tiga bulan, gue dibilang udah sembuh sinusitis. Gue merasakan kebebasan, akhirnya bandel lagi. Minum es dan segala macemnya.

Tetot. Gue melupakan hal yang dibilang dokter gue. Kalau udah punya penyakit sinusitus, bukan berarti 100% ilang. Kalo gue pilek sedikit, bisa aja sinusitis itu balik lagi.

Dan kalian semua tau lah jawabannya apa. Gue kena lagi. Hore.

Gambar terkait

Beberapa tahun kemudian, seperti sudah terlalu sibuk denga duniawi, akhirnya sekitar kelas 10 gejala-gejala itu muncul lagi.

Dan klimaksnya, yang kali ini gue lebih sering ngerasain pusing di dahi

Gue divonis kena lagi. Dan kali ini lebih parah dari sebelumnya, karena gue kena di pipi dan dahi sekaligus. Penyembuhannya? selain obat, gue harus di fisioterapi full selama satu minggu.

Jeng jeng.

Pesan #2, jangan terlalu termakan oleh kenikmatan duniawi. Salah satunya es krim.

Akhirnya selain gaboleh makan eskrim dan lain lain, gue di fisioterapi full satu minggu. Terdengar menyeramkan sih, tapi ternyata fisioterapi tuh lo cuma tiduran trus muka lo di panasin gitu, efeknya kayaknya sih biar itu ingus-ingus yang nyangkut di sinus bisa keluar.

Setelah itu sih yaa ilang sinusitisnya, tapi sering juga muncul lagi. Dan masih sering juga kontrol. Sampe kira-kira sebelum gue kuliah gue masih sempet kontrol. Gila, bahkan gue baru sadar sekarang kalo gue udah sekitar 8 tahun kena penyakit sinusitis.

Balik lagi ke statement awal gue, gue bener-bener menderita kena sinusitis. Selain punya penyakit pilek berkepanjangan, bersin-bersin gak berhenti setiap pagi, yang suka gak bisa ditoleran dari dampak sinusitis itu pusingnya. Karena gue suka tiba-tiba pusing di bagian dahi. Dan kadang-kadang menyebar jadi di semua bagian kepala.




Dan yang gak bisa gue toleran nomer dua, jangan sekali-kali kalo lo kena sinusitis trus lagi flu berat, naik pesawat. Wah gila sakitnya kacau banget. Lo bakal ngerasain sakit yang amat sangat gila di bagian dari idung, deket mata, telinga, sampe dahi. Gue udah ngalamin ini kira-kira 3 kali dalam hidup gue, dan semuanya pasti gue lagi sakit flu berat. Kadang-kadang kalo udah gini, gue suka takut naik pesawat. Karena gue merasa gendang telinga dan dahi gue kayak mau meledak

Jadi yaaa gak ada yang bisa disepelein penyakit sinusitis. Karena dampaknya juga banyak banget. Jangan pernah sepelein juga sakit pilek, tapi gak sembuh-sembuh. Bisa jadi itu salah satu gejala sinusitis. Jangan bandel juga! Karena efeknya jadi berkepanjangan kayak gue, gak sembuh-sembuh :))

Bukannya sinusitis itu penyakit yang gak bisa disembuhin, tapi kalo lo hidup sehat, pasti bisa sembuh. Dasar guenya aja divonis sembuh dikit, langsung minum es.

Pesan #3, jangan bandel

Dan yang paling penting menurut gue, JANGAN NUNGGU SAKIT. Biasain hidup pola sehat, olah raga, makan-makanan yang sehat, cukup tidur, cukup istirahat, pasti gak akan kena segala macem penyakit deh. Lagian selain biaya obat dan segala macem itu mahal, sakit itu gak pernah enak!

Pesan #4, Mencegah lebih baik daripada mengobati

Berakhir sudah cerita sinusitis gue. Semoga bermanfaat yaaa :)


Related Articles

0 comments:

Post a Comment