Wednesday 11 April 2018

Teman Tapi Menikah vs Dilan 1990?

Halo! kali ini gue mau membahas dua film yang lagi dibanding-bandingin banget sama para netizen, yaitu film Teman Tapi Menikah dan Dilan 1990!

Jujur gue gerah sendiri ngeliat orang-orang yang ngekomen jelek tentang Teman Tapi Menikah karena mereka belom pada bisa move on dari Dilan. Jadi, disini gue mau menengahi dengan menilai kedua film tersebut, tanpa memihak ke film manapun. Karena disini gue tidak ngefans sama siapapun yang ada di dalem dua film tersebut dan pure berkomentar sebagai penonton.

Pengecualian Sekala.

Oke, jadi gue baru kemaren banget nonton TTM (disingkat aja ya). Dan gue suka sih sama ceritanya. Ringan, tapi dapet gitu feel nya. Konfliknya biasa aja, enggak yang berat banget gitu. Mungkin juga karena ini kisah nyata dan emang based on kisah hidupnya Ayudhia dan Ditto, jadi nya pas lagi nonton tuh di pikiran gue selalu kayak "Ihh demi apa sih ditto gituin ayu dulu? gilaaa" dan pemikiran-pemikiran lainnya yang sejenis. Pokoknya gue ikut seneng gitu nontonnya, kayak ada energi positifnya di dalem filmnya. Gue merasanya begitu. Keluar bioskop langsung seneng aja bawaannya.

Kalo soal karakter, pas pertama kali di announce kalo yang main bakal vanesha sama adipati, gue juga seperti kebanyakan orang. Kurang setuju. Kalo orang-orang enggak setujuin adipatinya, gue lebih gak setuju sama vaneshanya. Kayak kok vanesha lagi sih? Diakan habis dari Dilan. Jadi kesannya masih Dilan-Milea. Mungkin gue sedikit menyayangkan di situnya.

Tapi so far menurut gue mereka berdua cocok-cocok aja sih meraninnya. Chemistry mereka dapet. Lucu banget tokoh mereka berdua itu, sesuai banget sama Ayu dan Ditto dikehidupan nyata. Vanesha dan Adipati berhasil banget ngebawain Ayu dan Ditto. Kalo yang kata orang-orang umur mereka kejauhan, menurut gue di film ini mereka gak keliatan seperti dua orang yang umurnya jauh. Cuma sekali lagi gue menyayangkan itu, karena film ini gue jadi gak ada vibes Dilan-Milea lagi. Tapi gue gak masalah sih sama itu. Toh gimana reza rahardian yang meranin banyak jenis perfilman indonesia?

Sekarang gue coba bahas Dilan 1990 ya. Sebelumnya gue udah baca novel Dilan. Tapi gue cuma baca yang 1990, karena sejujurnya gue bukan tipe orang yang suka dengan per-cheesy-an antara cewek dan cowok. Cuma karena lagi booming waktu jaman novelnya, yaudah gue coba baca. Emang karakter Dilan itu gemesin banget sih, siapa pula yang gak jatuh cinta sama karakter Dilan? Cuma ya itu, gue kurang suka sama yang isi ceritanya terlalu cewek-cowok menye-menye dan isinya penuh dengan gombal. Pendapat gue ya ini..

Tapi waktu pertama di announce kalo yang jadi Dilan itu Iqbaal cjr, wah gila mungkin gue orang pertama yang excited dan semangat sendiri. Disaat semua orang bener-bener menyayangkan kalo yang jadi Dilannya itu Iqbaal, karena bocah dan segala jenis pendapat mereka, justru gue yakin banget kalo Iqbaal pasti berhasil bawain Dilan. Gak tau kenapa. Gue langsung kegirangan sendiri ngebayangin yang ngegombal-gombal itu bakal Iqbaal. Segala coy Iqbaal ganteng banget.

Dan pada masa itu tuh cuma sebagian kecil aja yang pendapatnya sama kayak gue. Rata-rata semua orang menyayangkan banget kalo Iqbaal yang meranin Dilan.

Tapi pas filmnya keluar, wah membludak banget.

Kayak semua orang langsung bilang "Iqbaal berhasil banget bawain Dilan"

Kebiasaan orang-orang, udah judge duluan aja padahal belom diliat.

Lanjut. Akhirnya gue nonton Dilan juga tuh. Penasaran.

Dan emang sih, berhasil banget. Dilan-Mileanya emang hidup banget. Yang bikin gue seneng sama filmnya sih sundanya kentel banget dan 90annya tuh real banget. Dari jalanannya yang masih asri, sampe mobil dan motor mereka tuh jadul semua. Bahkan kalo scene dijalan gitu ada mobil lewat, dan mobil yang lewat itu literally mobil jadul. Gila sih totalitas banget, hebat.

Cuma kalo soal alur cerita, pendapat gue masih sama kayak novel. Kurang greget. Bagi gue kayak awal sampe akhir cerita tuh kayak cuma nampilin keromantisan antara Dilan dan Milea aja. Gak tau apa yang mau dikejar. Secara Milea dari awal juga udah ketara banget kalo suka sama Dilan. Endingnya juga ngambang banget, mungkin kalo hal ini sih karena masih ada yang 1991nya kali ya.

Tapi sebelumnya, gue bener bener appreciate banget sih sama Vanesha. Dia aktris baru tapi menurut gue udah hebat, bisa berhasil bawain dua karakter yang berbeda. Mungkin emang masih banyak yang harus ditingkatin lagi, tapi so far menurut gue dia udah bisa dikategoriin sebagai aktris. Vanesha berhasil banget ngebawain Milea yang lugu, dan Ayu yang nyablak.

Kalo soal cocok-cocokan, wah susah sih yang ini. Menurut gue vanesha cocok sama Iqbaal ataupun Adipati. Mungkin pada bilang kalo Adipati itu ketuaan, tapi rasanya Adipati di film TTM berhasil buat nurunin ‘umur’ jadi kayak anak SMA lagi. Pendekatannya pun beda. Kalo Dilan-Milea yang diharusin romantis, sedangkan Ayu-Ditto lebih ke sahabat. Lagi lagi vanesha gue apresiasiin karena bisa dapet chemistry di keduanya.

Sekarang kalo kita compare, kata gue dua film ini sih beda banget. Gimana bandinginnya juga ya. Latar belakang kedua film aja beda. Yang satu seperti kembali ke masa ‘bandung 1990’, sedangkan TTM dibuat lebih modern, bahasanya santai. 

Soal ceritanya pun beda jauh. Yang satu tentang ‘cowok ngejar cewek’ yang notabene udah ketara banget duaduanya sama-sama suka, satulagi tentang ‘cowok yang terjebak di persahabatan’ dimana cowok sama cewek yang sahabatan tapi cowoknya kena friendzone dan ceweknya mah biasa aja. Beda kan? 

Apa yang di bandingin sama orang-orang sih? Cuma karena pemeran ceweknya sama? Kan namanya aktris bisa aja bakal main jadi pemeran utama di film mana aja. Gue dulu suka banget cerita dear nathan sama A, gue baca kedua cerita itu udah dari jaman wattpad, dan pas keduanya ditayangin diboskop, waktunya deketan dan tokoh utamanya sama. Gue masih menikmati kedua film itu kok walau dengan cowok yang sama.

Jangan jadi kayak gak bisa move on gitu deh sampe menjatuhkan satu film karena lo udah jatuh cinta sama film yang lainnya. Gue miris banget liat film TTM dikomentarin sama orang cuma gara-gara mereka bilang “cocokan sama Iqbaal” dan sejenisnya. Tolong hargain kerja keras mereka. Setidaknya kalo gak bisa ngehargain, diem aja. Kalian yang doyanannya nyinyir ini gak tau kan berapa banyak orang-orang yang tenaga dan waktunya terkuras cuma buat ngehasilin karya sehebat itu. Kalo belom nonton, ya nonton dulu lah baru berkomentar. Kalau mau kritik, bisa cukup DM di instagram salah satu dari mereka dan kasih tau kritikan kalian apa dengan sopan kan? Gak perlu dibandingkan sama film lain.

Gitu aja sih dari gue. Gue suka kedua film ini. Buat kalian yang pengen banget kebawa suasana yang baper-baper gitu, yang senyum-senyum sendiri karena ada cowok ganteng yang bisa meluluhkan hati perempuan, mungkin Dilan 1990 pilihan tepat. Tapi kalo pengennya cerita ringan, yang lucu-lucuan, tapi kekinian banget, kalian bisa nonton Teman Tapi Menikah. Selera itu tergantung kalian, tapi kalo soal menghargai, itu harus kita semua lakuin.

Semoga kalian lebih bisa menghargai perfilman indonesia ya! 

Related Articles

0 comments:

Post a Comment