Sunday 4 December 2016

RACETA

Pernah gak sih kalian ngerasain punya ekskul di sekolah yang udah gak kalian anggap sebagai sebatas ekskul lagi, tapi udah jadi keluarga baru?

Yap, itu Raceta.

Mungkin beberapa kali suka gue singgungkan kalo gue ikut ekskul tari Saman di sekolah gue. Nah, buat yang belum tau, sekolah gue ini punya ekskul tari Saman dengan prestasi yang cukup membanggakan.

Dan gue salah satu penari didalamnya.

Raceta. Ratouh Jaroe Dance Doeta.


Sebatas info, Ratouh Jaroe itu nama tari saman untuk cewek, karena saman itu aslinya penarinya dari cowok-cowok.


Dan kenapa sih gue bisa masuk ke ekskul itu?

Gue selalu dibuat kagum sama tarian tradisional yang satu itu. Bayangin aja, berbelas-belas penari harus nyatuin irama gerakannya. Dan itu gak gampang loh.

Karena rasa penasaran gue itu, gue masuk ke Raceta. dan setelah 3 tahun gue di Raceta, ternyata bukan sekedar 'susah nyatuin gerakan' aja, tapi nyatuin 17 pikiran dan sifat yang berbeda-beda itu yang susahnya bukan main.
Ada yang semangat banget latihan. Ada yang males-malesan. Ada juga yang bebel. Ada yang keras kepala. Ada yang moodyan. Ada yang marah-marah mulu. Ada yang satu tim tapi malah slek-slekan. Ada yang dateng latihannya suka ngaret. Bahkan ada juga jarang ikut latihan, kerjaannya bolos mulu. 
Banyak banget.

Belom pas udah punya adek kelas. pikiran kita bercabang lagi buat ngelatih adek kelas. Mikirin mereka kalau nari mereka jelek. Mikirin mereka kalau di tim adek kelas ada yang punya masalah. belum lagi mikirin buat tim sendiri. 

Apalagi setahun ini gue ngejabat jadi wakil ketua. Pusingnya bukan main.

Setelah itu gue jadi banyak belajar, ternyata masuk Raceta gak cuma buat nari doang loh. banyak hal yang harus kita pikirin dan kita kerjain juga. Pikiran udah setengah-setengah antara tim angkatan kita sendiri dan tim adek kelas. belum lagi tugas sekolah yang emang gak berhenti-berhenti ngalir. 

Tapi, gue bersyukur banget punya tim yang bener-bener kayak keluarga.

Gak tau lagi sesayang apa gue sama mereka. Gue jatoh bangun di saman sama mereka. kita pernah menang, pernah kalah, pernah bahagia bareng, pernah nangis bareng, stress bareng, pelukan, ngumpul-ngumpul bareng, ngegossip, makan bareng, tidur, pokoknya udah bener-bener gak keitung deh moment yang udah kita lakuin bareng-bareng. 

Kalo mau lomba pasti ritual kita pagi-pagi saling ngebangunin. Make-upan, trus pakai kostum. Ritual doa mujarab Raceta--yang menurut orang-orang itu doa ampuh biar bisa menang--. Trus kalo udah mau pengumuman, reaksinya ada dua: kalau enggak teriak seneng trus pelukan, atau diem nangis trus pelukan juga. Gak kerasa, kita udah bawa banyak piala dan sertif buat sekolah. 

Dan, gak kerasa juga tugas gue dan angkatan gue udah selesai. 

Gue bener-bener gak anggep raceta sebagai ekskul lagi, tapi keluarga. Semoga kita masih bisa sering-sering meet up ya nanti. Nginget-nginget lagi kejadian-kejadian lucu waktu kita tampil. Inget tasya sama thia pas lagi nari mau jatoh. Si syahnas yang salah fatal di anjungan. Nangis bareng-bareng pas H-1 anjungan si anis masuk rumah sakit. hopeless banget--bahkan udah siap-siap mau pulang-- pas sampe juara 2 di Alseace nama SMAN 2 belom disebut, eh ternyata disebut di juara 1. bikin gerakan variasi bareng-bareng. Dimarahin bareng-bareng sama kaka kelas, ngemarahin adek kelas juga bareng-bareng. disekolah sampe malem waktu bikin event kayak Race4Action sama Race5Bration. waktu kubu kanan sama kiri berantem mulu pas latihan. rok robek terus. pokoknya gak bakal gue lupain.

Makasih banyak ya Raceta, buat semua pengalaman manis pahitnya. bikin masa-masa SMA gue bener-bener jadi berwarna. Bikin kalo ke sekolah cuma niatnya buat saman doang. biar bisa ngegosip bareng. Makasih juga buat bang Taufik dan bang Fadhil yang udah kita anggep kayak ayah sendiri. Makasih buat kakak-kakak dan adik-adik raceta yang udah kayak kakak dan adek sendiri. Last but not least, makasih Raceta'8 buat semua perjuangan dan hal yang udah kita lewatin sama-sama, Sukses terus Raceta! Akuu sayang banget sama kalian, terutama Raceta'8



Related Articles

0 comments:

Post a Comment